Jenis Makanan Yang Awet Meski Bertahun-Tahun

   


                      Di akhir zaman ini, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang bisa tahan lama bahkan sampai puluhan tahun. Hal ini jangan dianggap remeh. Karena dunia sudah menampakkan tanda-tanda krisis bahan pangan. Bahkan banyak negara yang sudah mempersiapkan stok makanan hingga 25 tahun ke depan. Yang tak paham mungkin akan tertawa. Tapi suatu masa ketersediaan sandang, pangan, dan papan akan merosot. Kita tidak tahu apakah kita masih hidup pada saat zaman kelaparan melanda. Tapi yang jelas mereka sudah lama prepare keadaan.

Agar tidak kalah dengan mereka, kita pun harus mempersiapkan stok makanan untuk keberlangsungan hidup.  Jadi inilah beberapa makanan yang bisa awet bertahun-tahun dan khasiatnya:


1. Madu

Antonio M Rosario / Photographer's Choice / Getty Images
    Jenis makanan yang sangat dijamin keawetannya. Kalau kamu malas menyiapkan banyak stok makanan awet, setidaknya, sisakanlah ruang dan uang untuk  "the truly long lasting food" ini. Apakah kamu tahu bahwa madu tidak pernah basi? Para arkeolog bahkan menemukan pot berisi madu di makam mesir kuno yang berusia lebih dari 3000 tahun. Dan rasanya masih manis dan dapat dimakan. Kadar air dalam madu yang rendah, PH asam yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme menjadikannya makanan yang tahan lama.

Khasiat yang terkandung dalam madu pun sangat banyak. Disebutkan dalam Al-Quran bahwa madu adalah penyembuh.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala Berfirman:


وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ ثُمَّ كُلِي مِن كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِن بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah,’buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia’. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” (An-Nahl :68,69).


2. Beras Putih    

https://extension.usu.edu/preserve-the-harvest/images/white-rice.jpg


            Para ilmuwan telah menemukan (link research result) bahwa beras putih akan mempertahankan rasa dan kandungan nutrisi selama +30 tahun bila disimpan dalam wadah tanpa udara pada suhu  di bawah 40 derajat fahrenheit. Namun beras merah tidak bisa bertahan lama karena mengandung minyak alami pada lapisan dedaknya.

Nasi tidak hanya mudah dimasak dan dimakan, tetapi juga terasa ringan di perut. Maka tidak heran jika biji-bijian ini telah dijadikan sebagai makanan pokok. Yang membuatku sedih adalah nasi sering dipandang buruk oleh beberapa orang. Bahkan ya, sampai ada yang program diet nasi. Tapi benarkah buruk bagi kesehatan? Meski nasi adalah sumber karbohidrat, tapi nasi juga memiliki 4 hingga 5 gram protein dalam 1 porsi dan hampir tidak mengandung lemak. Selain itu juga merupakan sumber vitamin B dan antioksidan yang baik.
 

3. Kacang Kering

https://www.agmrc.org/media/cms/Dry_Beans_Photo_649EC753B32BE.jpg

                Seperti halnya penelitian terhadap beras putih, para peneliti di Brigham Young University menemukan bahwa setelah 30 tahun, kualitas kacang pinto secara keseluruhan memang menurun, namun "semua sample dianggap masih dapat dikonsumsi dalam situasi darurat. Selain itu, kandungan protein ternyata tetap stabil." (link research result).

Kacang kering yang disimpan dengan benar akan bertahan dan tetap baik dikonsumsi bahkan +25 tahun.   Pembekuan dan pengalengan adalah salah satu metode pengawetan makanan yang sudah ada sejak tahun 1800-an. Baik itu kacang kering, kacang lentil, dan kacang polong lainnya. 

Kacang-kacangan adalah sumber serat dan protein yang bagus. Direkomendasikan untuk megkonsumsinya sekitar 25 gram setiap hari. Serat dapat mencegah penyakit jantung, kolestrol tinggi, dan penyakit pencernaan. 





                Mungkin masih banyak lagi ya jenis-jenis makanan yang bisa awet bertahun-tahun. Tapi aku hanya bisa memastikan ketiga makanan ini saja. Soalnya, sudah ada penelitian yang melakukan percobaan ini. Kata orang, kurma adalah salah satu makanan yang bisa tahan lama. Tapi  aku kurang tahu apakah bisa awet sampai lebih dari 5 tahun. Tapi yang jelas keawetan kurma juga tergantung jenis kurmanya.

Itulah beberapa makanan awet yang bisa kita siapkan dari sekarang. Tidak perlu langsung beli banyak. Cicil saja dari sekarang. Lebih baik bersiap dan mencegah, daripada menyesal. Jika memang kendala ekonomi, kamu bisa menyimpan air untuk disimpan dan dimanfaatkan nanti. Karena air adalah salah satu hal penting untuk kehidupan. Bahkan air adalah salah satu unsur penyusun tubuh manusia dengan persentase sekitar 70%. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Infused Water vs Minuman Kemasan yang Menyegarkan

Beberapa Jenis Rumput Liar Yang Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh dan Cara Memanfaatkannya.