Infused Water vs Minuman Kemasan yang Menyegarkan


            YES! Akhirnya ada cara untuk minum minuman yang memiliki aneka macam rasa dan super sehat.  Meskipun aku mengabarkan ini, kalian penggemar bahan alami pasti sudah pada tahu tentang resep kuno ini kan? Infused water atau air rendaman buah ini jauh lebih baik dan lebih sehat daripada minuman kemasan pabrik loh. Walaupun mereka menghiasi produk mereka dengan berbagai macam kalimat menarik. Seperti 

   

       

"Minuman ini manisnya seperti kamu. Tidak habis-habis.
"Jika kamu meminumnya, tubuhmu akan segar sepanjang hari."

 

               Kalau manisnya dari bahan herbal seperti madu, itu bernutrisi. Tapi bagaimana jika manisnya itu terbuat dari gula, saccharime, dan semacamnya? Jangan heran mengapa setelah minum pemanis semacam itu tubuh kamu akan merasa semangat dan bahagia. Hal itu karena mengonsumsi gula dapat memberi otak pasokan zat kimia "dopamin"1. Zat ini bisa memberi sensasi bahagia. Namun jika dopamin masuk dalam kadar yang tinggi, akan berbahaya. Ketika efek zat itu hilang, tubuh akan terasa seperti lelah, cemas, gelisah. Sangat mengganggu mood sekali bukan?

Termasuk juga minuman jus. Apalagi jus kemasan. Jus itu bernutrisi. Tapi jika jus mengandung banyak gula, maka pertimbangkanlah lagi. Apakah kamu ingin sehat atau hanya sekedar menyegarkan tubuh "secara sementara"? 

Salah satu masalah yang sering dianggap sepele adalah "yang penting minum!" walaupun minuman itu sangat tinggi gula, pengawet, pewarna, dan semacamnya.

Selain dari kandungannya, penggunaan plastik botol pada minuman pabrik juga berbahaya loh. Penggunaan plastik botol bisa melarutkan bahan kimia berbahaya seperti zat BPA (Bisphenol-A)2 dari botol ke dalam isinya. Ayo kita berpikir serius tentang penggunaan botol plastik ini. Bahayanya lebih banyak daripada manfaatnya. Minuman bergizi dan dan kemasan plastik benar-benar tidak cocok digunakan secara bersama. Mulailah dengan membuat minuman herbal sendiri. Membuat minuman air buah bisa memberi rasa lezat, banyak nutrisi, dan sangat menghidrasi tubuh. Aku ingin membuat infused water ini sesederhana mungkin agar aku bisa mempertahankan rutinitas ini. Dan ternyata membuat ini tuh hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Hanya siapkan air matang, buah yang ada di rumah, cuci buah sampai bersih, kemudian  iris tipis, dan rendam 12 jam.

Tapi perlu diingat:

1. Carilah buah yang "asli", bukan buah yang sudah disuntik bahan kimia. (Nanti aku bikin artikel tentang ciri-ciri buah asli, Insyaa Allah).

2. Cuci buah sebersih mungkin. Kalau aku memakai sikat untuk menggosok kulit buah agar hilang semua kuman dan peptisida yang mungkin menempel pada buah. Kamu ga mau merendam buah yang masih kotor selama 12 jam dan kemudian diminum kan?


            Minuman ini terasa sangat istimewa. Karena bisa membantu proses detoksifikasi dan menyegarkan badan tanpa megandung gula dan bahan kimia lainnya. Manfaat lain dari minuman air buah DIY ini juga kita bisa mengurangi penggunaan botol plastik, dan kemasan sekali pakai lainnya. Gunakanlah kendi, wadah kaca atau yang sudah ada tanda "Food Grade" pada wadahnya. 

               "Sayonara minuman kemasan yaang menyegarkan." Aku lebih memilih untuk selalu sediakan minimal satu gelas air buah di kulkas. Jadi aku bisa memotivasi diri untuk tetap mejaga hidrasi tubuh. Apalagi jika aku merasa ingin berganti minuman yang ada rasanya. Minuman ini adalah pilihan yang tepat. Walau tidak memiliki rasa manis tapi aku lebih suka seperti ini. Karena rasa buahnya semakin terasa. Tapi jika ingin manis, bisa tambahkan madu ya. 




Referensi:

1. https://www.halodoc.com/artikel/jangan-salah-inilah-penjelasan-tentang-dopamin

2. https://cleopurewater.com/mengenal-bpa-bahan-kimia-berbahaya-yang-sering-digunakan-dalam-botol-plastik/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Makanan Yang Awet Meski Bertahun-Tahun

Beberapa Jenis Rumput Liar Yang Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh dan Cara Memanfaatkannya.